Selasa, 14 Februari 2012

LAPORAN HASIL UJI ZAT MAKANAN

| Selasa, 14 Februari 2012 | 3 komentar
UJI MAKANAN

Menunjukkan kandungan nutrient pada berbagai jenis bahan makanan
A. PENDAHULUAN

Bahan makanan: didalamnya terkandung zat makanan seperti Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan garam mineral


Bahan makanan yang kita konsumsi sehari-hari harus mengandung nutrient yang diperlukan tubuh. Karbohidrat, lemak dan protein merupakan nutrient yang dibutuhkan dalam jumlah besar, sedangkan vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Walaupun dibutuhkan sedikit bahan tersebut harus ada dalam menu makanan kita.
Untuk mengetahui kandungan zat nutrient yang terdapat dalam bahan makanan digunakan indicator uji makanan yang biasa dikenal dengan istilah reagen. Beberapa reagen yang banyak digunakan untuk mendeterminasi kandungan nutrient dalam makanan adalah:
  1. Lugol / kalium yodida
Digunakan untuk menunjukkan kandungan bahan makanan jenis amilum (tepung)
  1. Benedict / fehling A dan Fehling B
Digunakan untuk menunjukkan kandungan bahan makanan kelompok gula (monosakarida dan disakarida)
  1. Millon / Molisch / Biuret
Digunakan untuk menunjukkan bahan makanan kelompok protein
  1. Sudan III / etanol / kertas buram
Digunakan untuk menunjukkan bahan makanan yang mengandung lemak / minyak
  1. Metilen Blue
Digunakan untuk menunjukkan bahan makanan yang mengandung vitamin C

B. AKTIVITAS
Untuk mengetahui kandungan zat makanan dalam bahan makanan, cermati langkah kerja uji makanan dibawah ini!

Uji karbohidrat
Iodine / kalium iodide / KI merupakan reagen untuk menunjukkan kandungan amilum/tepung pada suatu bahan makanan. Warna dasar larutan KI orange.


Tambahkan 2 tetes larutan KI kedalam 2 ml larutan amilum atau tepung

Hasil pengamatan:
Larutan tepung berubah warna dari warna asal putih keruh menjadi berwarna biru kehitaman. 
Perubahan warna larutan tepung menjadi biru kehitaman menunjukkan larutan yang diuji mengandung amilum
  
Uji kandungan gula 

Benedict, Fehling A dan Fehling B merupakan reagen yang dapat menunjukkan keberadaan glukosa pada suatu bahan makanan.
Warna dasar dari larutan benedict adalah biru tua.

 Tambahkan 5 tetes larutan benedict kedalam 2 ml larutan gula.
Panaskan campuran zat tersebut dalam air mendidih selama 5 menit.

Hasil pengamatan:
Campuran larutan gula dengan benedict berwarna biru, setelah pemanasan terjadi perubahan warna secara bertahap mulai dari hijau, kuning dan akhirnya menjadi merah bata.

Perubahan warna larutan menjadi merah bata menunjukkan bahwa larutan tersebut mengandung glukosa.
Kadar warna merah pada hasil eksperimen menunjukkan kualitas kandungan glukosa dalam larutan.

Uji Kandungan protein

Millon / Mollisch / Biuret merupakan reagen yang dapat menunjukkan keberadaan protein pada suatu bahan makanan.
Warna dasar lauran biuret adalah biru

 

Tambahkan 2 ml larutan biuret (larutan KOH 5 % + larutan CUSO4 5 %) kedalam larutan putih telur.
Hasil pengamatan:
Terjadi perubahan warna larutan putih telur menjadi ungu

 Perubahan warna ungu pada larutan putih telur menunjukkan larutan tersebut mengandung protein.

Uji Kandungan protein

Warna dasar larutan millon adalah ungu



Langkah kerja:
Tambahkan 2 ml larutan millon kedalan 2 ml larutan putih telur. Panaskan larutan dalam air mendidih
Hasil Pengamatan:
Terjadi perubahan warna larutan putih telur menjadi merah


Perubahan warna larutan menjadi merah menunjukkan larutan putih telur mengandung protein.

Uji kandungan lemak
Kertas saring / kertas buram

 Langkah kerja:
Teteskan 3 tetes minyak di atas kertas saring
Hasil pengamatan:
Kertas saring menjadi transparan

Timbulnya transparan pada kertas menunjukkan adanya kandungan lemak dalam minyak .

Sudan III


 Langkah Kerja:
Tambahkan 2 ml larutan sudan III kedalam larutan minyak.
Hasil pengamatan:
Terbentuk lapisan berwarna merah pada permukaan larutan







Lapisan berwarna merah pada permukaan larutan menunjukkan kandungan lemak dalam larutan.

Tes Emulsi






Langkah kerja:
Tambahkan 2 ml larutan etannol kedalam larutan minyak
Hasil pengamatan:
Kumpulan minyak yang berada di permukaan larut menjadi emulsi, warna larutan menjadi putih keruh



Larutnya minyak dalam air yang ditunjukkan dengan perubahan warna larutan menjadi putih menunjukkan kandungan minyak dalam larutan.




SUMBER REFERENSI : http://prestasiherfen.blogspot.com/2011/01/uji-bahan-makanan.html
http://annas77.wordpress.com/2012/01/12/uji-zat-makanan-sma-indikator-indikator-pengaruh-reagent/ 

Read More >>

Minggu, 29 Januari 2012

MERUBAH FOTO MENJADI TEKS (TIPOGRAFI)

| Minggu, 29 Januari 2012 | 0 komentar
Assalamualaikum Wr.Wb - - - - Lagi sibuk sekolah n belajar buat UNAS, do'ain lulus UNAS yach?
gw sempet2in buat posting artikel yang boleh banget sahabat blogger ketahui.
pernah lihat teks kayak gini gag?
----/¯/)-------/¯/)
---/¯ -/------/¯ -/
--/- - /------/- - /
-/--/´¯//´¯//´¯-/`•
/´¯/-- /---// ---/¨¯\
('-(---(´--(´ -¯ /'--)
-\-------------'---./
--\--------------.•´
---\------------ / meTaL Love ♥ a7x

tapi saya tidak akan membuat tutorial cara membuat teks seperti gambar  di atas.
yang ini lebih keren, merubah foto jadi teks, kebayang gag?
pertama pergi ke http://www.photo2text.com kemudian berdo'a.
daripada penasaran langsung ajah liat screenshot di bawah ini:

Klik Tombol browse/telusuri untuk meng-upload gambar/ foto yang diinginkan











Tulis ( bebas ) nama buat gambar tersebut > klik submit!











Ubah kontras gambar dan jenis huruf sesuai yang diinginkan, trus kliktombol download untuk menyimpan file teks yang udah jadi
























HASILNYA DAPAT DILIHAT SENDIRI :) KEREN GAG..........


Selamat mencoba, apabila ada masalah dapat ditanyakan pada pihak yang berwajib ^_^


Waskum.........


Nb :

Hasil downloadnya berupa file berextensi .txt


Read More >>

Jumat, 27 Januari 2012

RAMALAN JODOH (kamu dan pasanganmu)

| Jumat, 27 Januari 2012 | 4 komentar

Iseng lihat blog orang, eh ketemu widget lucu. Namanya ramalan jodoh. Saya sih gag percaya hal-hal kayak gituan, karena aku punya Tuhan yaitu Allah SWT. tapi apa salahnya kalu saya share di postingan saya kali ini.
langsung aja tenggok kebenarannya.






saya tidak menuntut agar kalian percaya hal ini. Ini hanya sekedar sharing ajah.



bagi yang mau memasang widget ramalan jodoh di blog sahabat. copy dan paste kode berikut di blog anda.



<!-- Begin: PRIMBON RAMALAN JODOH -->
<center>
<iframe src="http://www.primbon.com/primbon.htm" name="ramalan" width="414" height="200" marginwidth="0" marginheight="0" frameborder="no"></iframe>
</center>
<!-- End: PRIMBON RAMALAN JODOH -->

SEMOGA BERMANFAAT
NICE BLOG!!
Read More >>

Senin, 23 Januari 2012

LAPORAN HASIL PENGAMATAN SEL EPIDERMIS BAWANG MERAH

| Senin, 23 Januari 2012 | 13 komentar

LAPORAN HASIL PENGAMATAN SEL-SEL EPIDERMIS BAWANG MERAH

Tujuan
Mengamati struktur sel-sel epidermis pada bawang merah.
Alat dan Bahan
  1. Mikroskop
  2. Kaca preparat
  3. Kaca penutup
  4. Tisu
  5. Pinset
  6. Pipet tetes
  7. Bawang merah
Cara Kerja


  1. mengupas lapisan epidermis yaitu siung dari bawang merah menggunakan pisau dan pinset! Cara yang gampang dapat dilihat pada gambar! Memotong sebagian kecil bawang merah, kemudiah mematahkan. Melepaskan lapisan epidermis yang tersisa.
  1. Meletakkan di atas kaca preparat, memberi setetes air, menutup dengan kaca penutup.
  2. Mengamati sel epidermis dengan mikroskop.
  3. Gambar dan memberi warna bagian–bagian sel.
Diskusi
  1. Bagaimanakah bentuk dan warna sel epidermis bawang merah yang sedang kalian amati?
  2. Organel apa saja yang dapat diamati pada sel epidermis bawang merah dalam pengamatan ini?









GAMBAR FOTO SEL EPIDERMIS MELALUI MIKROSKOP











HASIL PENGAMATAN
  1. Sel epidermis bawang merah yang sudah kami teliti mempunyai bentuk yang rapi kotak-kotak, meskipun tidak kotak sempurna. Ini dikarenakan bawang merah adalah tumbuhan. Mengapa demikian karena sel tumbuhan meiliki dinding sel di luar membrannya. Sehingga terlihat rapi saat kita melihat melalui mikroskop.
Sekarang kalau kita melihat warna dari sel epidermis bawang merah yang sudah kami teliti. Sel tersebut berwarna keungu-unguan karena mengandung kloroplas meski tak selalu mengandung klorofil.
  1. Pada sel epidermis bawang merah ada beberapa organel yang dapat diamati.
-          Dinding sel.
-          Kloroplas.
-          Protoplasma.

KESIMPULAN
setelah kami melakukan pengamatan kami dapat menyimpulkan bahwa sel epidermis bawang merah berbentuk persegi tapi tidak sempurna dengan warna keungu-unguan. Jika melihat sel epidermis bawang merah melalui mikroskop, di dalamnya terdapat organel yang menyusun sel epidermis bawang merah. Di antaranya adalah dinding sel, kloroplas, dan protoplasma.
Read More >>

Sabtu, 21 Januari 2012

MY DREAM

| Sabtu, 21 Januari 2012 | 0 komentar

I WANT TO BE A GRAPHIC DESIGNER


Hello, my name is Muhammad Aldi. I’m 24 years old. My job is Graphic Design. Graphic Design is about draw, photo, picture and so on. Ienjoy my job very much, because i just stay at home and receive order to work. Usually people order to make logo, manipulation photo and picture. Other jobs must go to office, go to outdoor. But Graphic Design, everyday you just enjoy in front of personal computer, if you work alone. Many big company and factory, it’s mean they need logo and Graphic Designer like me will receive  more jobs, more order and more money. So this work is needed. If you want to be a graphic designer like me you must be creative, honest, has a strong intention, and can be a good listener. But you will not achieve all that without hard work.
DO YOU HAVE A DREAM???
Read More >>
 

Pengikut

JEJAK KAKI PENGUNJUNG

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Entri Populer

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by A-volution™ - A-volution™